Putusan Sidang MK, Polisi Siagakan 7.783 Personel dan Alihkan Lalu Lintas

×

Putusan Sidang MK, Polisi Siagakan 7.783 Personel dan Alihkan Lalu Lintas

Bagikan berita
Personel Kepolisian melakukan apel gelar pasukan (Ilustrasi)
Personel Kepolisian melakukan apel gelar pasukan (Ilustrasi)

HALONUSA - Dalam mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, Kepolisian menurunkan ribuan personel untuk menjaga pembacaan putusan sidang sengketa Pilpres 2024.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Candro mengatakan bahwa pihaknya menurunkan sebanyak 7.783 personel untuk mengamankan sekitaran Gedung MK.

"Dari 7.783 personel gabungan yang disiagakan dibagi di beberapa titik rawan massa unjuk rasa yang akan melintas di sekitar Gedung MK," katanya.

Ia jugamengimbau masyarakat yang akan melintas di sekitar Monas untuk mencari jalan alternatif lainnya karena akan ada aksi penyampaian pendapat di Patung Kuda.

Menurut dia, dalam aksi tersebut, massa tetap harus memperhatikan hak-hak masyarakat lain. Siapapun yang menyampaikan pendapat di muka umum sebagaimana diatur dalam undang-undang, pernyataan pendapat hak setiap warga negara, harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya.

"Sehingga aturan dalam undang-undang memberikan persetujuan di muka umum harap dipatuhi. Hindari keributan maupun benturan dengan pendemo lainnya. Mari kita jaga kedamaian dan ketertiban." katanya.

Selanjutnya, ia mengungkapkan untuk seluruh personil yang terlibat pengamanan tidak ada satupun yang menggunakan senjata api, bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negosiasi, pelayanan yang humanis serta laksanakan tugas sesuai Prosedur. Semua perintah dan kendali dari saya.

Diakhir kesempatan, ia meminta kepada masyarakat berdoa untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Bersama-sama menjaga persatuan kesatuan bangsa, jangan terpecah belah akibat berita hoax yang bersifat provokatif, berdoa untuk mewujudkan Indonesia yang aman, damai dan bermartabat.

Sebagai informasi, berikut titik pengalihan arus lalin dan penutupan jalan:

1. Traffic light (lampu merah) Harmoni arah Jalan Merdeka Barat ditutup dialihkan ke Jalan Kesehatan.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini