Jusuf Kalla: Partai Politik Jadi Oposisi Itu Kecelakaan

×

Jusuf Kalla: Partai Politik Jadi Oposisi Itu Kecelakaan

Bagikan berita
Jusuf Kalla
Jusuf Kalla

HALONUSA - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia (RI), Jusuf Kalla (JK) menyatakan bahwa tidak ada partai politik yang ingin menjadi oposisi.

Hal tersebut diungkapkan saat menyampaikan pidato di Election Talk FISIP UI, Depok, Jawa Barat pada Kamis 7 Maret 2024.

"Oposisi bagi partai adalah kecelakaan. Jadi karena itu banyak yang pragmatis," katanya dalam pidato tersebut.

Menurutnya, tujuan sebuah Partai Politik didirikan adalah untuk mencapai tujuannya dengan cara menjadi bagian dari penguasa.

Menanggapi pernyataan tersebut, Politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno menilai pernyataan JK itu sangat logis dan realistis.

"Yang disampaikan Pak JK sangat logis dan realistis. Banyak pelajaran penting dari pernyataan yang sering disampaikan Pak JK. Kita belajar banyak dari politisi dan negarawan yang banyak makan asam garam ini," katanya kepada wartawan.

Ia mengatakan, dalam politik kekuasaan adalah proteksi terbaik terhadap ketidakpastian masa depan. Menurutnya, partai lebih mampu menavigasi risiko-risiko politik dan menjalankan fungsi-fungsi politiknya jika memiliki kekuasaan.

"Memiliki kekuasaan dan kewenangan berarti memiliki peluang lebih besar untuk merealisasikan cita-cita, visi dan misi organisasi," katanya. (*)

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini