KPU RI Optimis Umumkan Hasil Pemilu 20 Maret 2024

×

KPU RI Optimis Umumkan Hasil Pemilu 20 Maret 2024

Bagikan berita
Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, August Mellaz, dengan keyakinan penuh, tidak menutup kemungkinan bahwa hasil Pemilu 2024 akan diumumkan pada Rabu, 20 Maret.

"Ya, kemungkinan penetapan hasil Pemilu tanggal 20 Maret itu ada, intinya kami memiliki kelonggaran waktu hingga tanggal 20 Maret," ungkap Mellaz.

Menurutnya, dari proses rekapitulasi yang tengah berlangsung hingga hari ke-20, KPU telah menetapkan 33 dari 38 provinsi di Indonesia.

KPU juga telah menjadwalkan Provinsi Papua Barat Daya dan Jawa Barat untuk mengikuti rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional.

Selain itu, KPU juga akan menyelesaikan rekapitulasi untuk tiga provinsi yang masih tertinggal pada Selasa, 19 Maret. Ketiga provinsi tersebut adalah Maluku, Papua, dan Papua Pegunungan.

"Melihat dari perkembangan proses saat ini, saya berpikir bahwa pada tanggal 18 (semua akan selesai), dan kemudian pada tanggal 19 kita dapat menyelesaikan semua persiapan yang terkait dengan rekapitulasi," jelasnya.

Sementara itu, dia menyatakan bahwa penetapan hasil Pemilu 2024 akan dibahas dalam rapat pleno.

Oleh karena itu, Mellaz belum dapat memastikan apakah setelah proses rekapitulasi selesai besok, hasilnya akan langsung diumumkan.

"Mungkin saja begitu, namun kami akan membahasnya terlebih dahulu dalam rapat pleno," tambah Mellaz.

Pemilu 2024 mencakup pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR, anggota DPD, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota, dengan jumlah daftar pemilih tetap tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Editor : Heru Candriko
Bagikan

Berita Terkait
Terkini