Evakuasi Masyarakat di Sekitar Gunung Ruang, BNPB Siapkan 4 Kapal

×

Evakuasi Masyarakat di Sekitar Gunung Ruang, BNPB Siapkan 4 Kapal

Bagikan berita
Evakuasi Masyarakat di Sekitar Gunung Ruang, BNPB Siapkan 4 Kapal
Evakuasi Masyarakat di Sekitar Gunung Ruang, BNPB Siapkan 4 Kapal

HALONUSA - 4 kapal dipersiapkan untuk melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang berada di kawasan Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyatakan bahwa ada belasan ribu masyarakat yang harus dievakuasi.

Oleh karena itu, pihaknya bersama instansi lainnya sudah menyiapkan sebanyak 4 kapal yang akan mengangkut masyarakat yang berada di Pulau Tagulandang.

"Dari hitungan populasi statis berdasarkan rumah penduduk di sana seharusnya paling tidak ada 11 ribu jiwa yang harus mengungsi sementara," katanya.

"Jadi paling tidak, ada empat kapal sudah pasti bisa mendukung, yaitu Kapal Perang RI (KRI), dua kapal ferry, dan satu kapal milik Basarnas," lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Kerja Pengamatan Gunung Api Heruningtyas membeberkan erupsi G. Ruang berulang kali terjadi dalam sejarah dan tercatat sejak tahun 1808. Adapun, bahaya utama dari erupsi G. Ruang adalah awan panas dan aliran lava yang dapat melanda seluruh pulau.

Sedangkan bahaya terhadap pulau di sekitarnya yang berdekatan dapat berupa jatuhan bom vulkanik, lapili sampai abu yang mungkin masih panas. Namun bahaya lahar hanya terbatas di pulau Ruang saja.

"Dan ini yang salah satu bahaya yang cukup berdampak bagi kehidupan manusia adalah adanya lontaran batu pijar yang sangat mengancam dan ini jatuhan bom atau vulkanik tidak hanya terjadi di area pulau gunung ruang tetapi juga terjadi di sebagian barat pulau tagulandang atau pulau di seberang gunung ruang," kata dia dalam Konferensi Pers, Kamis (18/4/2024).

Menurut dia, keputusan menaikkan status level dari Siaga menjadi AWAS lantaran adanya potensi tsunami yang dapat terjadi. Terutama apabila material produk daripada Gunung Api tersebut jatuh ke dalam laut.

"Hal ini berdasarkan sejarah juga daripada gunung ruang yang pada waktu lalu menyebabkan tsunami dikarenakan dari aktivitas erupsi. Selanjutnya rekomendasi kami adalah di 6 km sehingga sebagian kecil dari pulau Tagulandang di area barat itu harus diungsikan," ujarnya.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini